Menyediakan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Kita

Kamis, 28 November 2019

5 Cara Merawat Jersey Futsal Dengan Benar


Apakah kamu hobi bermain futsal? Atau mungkin kamu adalah seorang anggota tim futsal? Jika iya, bisa jadi dalam satu pekan kamu bisa berkali-kali bermain futsal. Itu artinya, kaos futsal yang dipakai akan lebih sering dicuci, terlebih jika jersey futsal yang kamu miliki hanya satu. Jika futsal sudah menjadi bagian dari gaya hidup, sebaiknya kamu memang bikin jersey futsal lagi sehingga tidak melulu memakai jersey yang sama setiap kali futsal. 



Kendati memiliki beberapa pasang jersey futsal, bukan lantas membuat kamu bisa sembarangan merawat kaos-kaos tersebut. Sama halnya dengan pakaian lainnya, warna jersey futsal juga bisa memudar dan serat kainnya tidak lagi kuat. Namun dengan perawatan yang tepat, jersey milikmu bisa berumur panjang.

Merawat Jersey Futsal

Berikut akan kami berikan ulasan tentang cara merawat kaos jersey futsal yang bisa diterapkan di rumah.

  1. Jangan kenakan saat berkeringat
Mengenakan jersey saat tubuh berkeringat akan membuat warna jersey mudah pudar. Hal ini dikarenakan keringat memiliki kandungan garam. Namun ini tentu cukup sulit dihindari, terlebih ketika bermain futsal tubuh akan aktif bergerak dan mengeluarkan keringat. Inilah kenapa kamu disarankan memilih jersey dengan kain berpori sehingga membuat keringat yang keluar cepat kering.

Alternatif lainnya adalah kamu bisa membatasi durasi permainan futsal secukupnya. Usai bermain futsal, kamu bisa langsung berganti pakaian. Paling tidak ini akan membantu mengurangi risiko memudarnya warna jersey karena tidak membiarkan kaos terlalu lama basah oleh keringat.

  1. Hindari merendam kaos jersey
Mungkin kamu berpikir kaos akan semakin bersih saat kamu merendamnya dalam durasi yang agak lama. Memang untuk pakaian berbahan kain tertentu hal tersebut benar adanya, namun ini tidak disarankan untuk kaos jersey.

Ketika akan mencuci kaos ini, kamu bisa mulai dengan membasahi kaos dengan air biasa. Selanjutnya masukkan kaos pada air larutan deterjen. Tidak perlu direndam, kamu bisa langsung menguceknya. Akan tetapi untuk bagian sablon atau sticker jangan dikucek terlalu keras.

Oiya, kamu tidak disarankan mencuci kaos jersey menggunakan mesin cuci karena hal ini akan membuat serat kain mudah rusak dan stiker atau sablon kaos mudah lepas. Meski kamu hobi mengoleksi jersey dan rajin bikin jersey futsal, bukan berarti kamu bisa mengabaikan tips ini ya!

  1. Tidak perlu diperas
Biasanya kamu akan membilas dan memeras pakaian yang dicuci sebelum kemudian menjemurnya. Tapi tahukah kamu kalau cara tersebut sebaiknya tidak diterapkan pada kaos jersey?

Untuk kaos jersey ini kamu hanya perlu membilas dengan menyiramnya menggunakan air langsung dari kran atau mencelupkannya pada ember hingga busa deterjen hilang. Setelahnya kamu bisa langsung menjemur kaos menggunakan hanger.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah, kamu cukup menjemur jersey di tempat yang teduh. Jadi biarkan jersey kering karena diangin-anginkan saja. Menjemur kaos jersey di bawah sinar matahari langsung hanya akan membuat stikernya mudah lepas.

  1. Jangan disetrika
Saking rajinnya, mungkin saja kamu akan menyetrika semua pakaian milikmu, termasuk kaos jersey. Mulai hari ini, kamu bisa menghentikan kebiasaan menyetrika jersey dan cukup menggantungnya menggunakan hanger yang sesuai. Kaos yang terbuat dari bahan yang bagus tidak akan mudah kusut sekalipun usai dicuci.

Namun kalau kamu terpaksa harus menyetrikanya, jangan lupa melapisi permukaan kaos dengan kertas atau kain agar alas setrika tidak menyentuh permukaan kaos secara langsung.

  1. Pahami petunjuk perawatan
Kaos jersey yang terbuat dari bahan kualitas terbaik umumnya akan dilengkapi dengan petunjuk perawatan. Kalau jersey milikmu dilengkapi petunjuk perawatan ini, kamu bisa menerapkannya.

Demikianlah 5 cara merawat kaos jersey dengan benar. Selain dirawat dengan cara yang benar, jersey akan lebih awet kalau bahan jersey tersebut berkualitas. Jadi saat kamu ingin bikin jersey futsal, pastikan kamu memilih bahan yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar