Menyediakan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Kita

Jumat, 20 Desember 2019

SDM Unggul Solusi Permasalahan Bonus Demografi di Indonesia


Deskripsi: Bonus demografi bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk Indonesia. Tentunya jika setiap SDM dibina dengan baik hingga menjadi SDM berkualitas unggul.

Berkiprah di bidang ekonomi selama berpuluh-puluh tahun menyebabkan Kadin Indonesia mengenal dengan baik permasalahan yang ada di Indonesia. Salah satu permasalahan yang berkembang saat ini adalah bonus demografi dan minimnya tingkat produktivitas sumber daya manusia.
Indonesia memang memiliki banyak sekali penduduk dengan usia produktif atau usia kerja. Namun hanya sedikit sekali yang termasuk ke dalam SDM unggul atau berkualitas. Hal ini perlu diatasi agar Indonesia bisa lebih produktif dan dapat menjadi negara maju.

Apa Masalah Bonus Demografi?

Apa itu bonus demografi? Definisi bonus demografi artinya keadaan yang mana kondisi jumlah usia produktif lebih banyak daripada usia non produktif di suatu wilayah. Usia produktif adalah usia dimana manusia berada pada tahap mampu mengerjakan sesuatu secara optimal, yaitu di usia 15 tahun hingga 64 tahun.
Badan Pusat Statistik memprediksi jika kondisi bonus demografi ini akan terus berlanjut hingga tahun 2036. Lantas, apa masalahnya? Tentu saja jika permasalahan bonus demografi ini tidak ditangani dengan baik, maka besar kemungkinan angka pengangguran di Indonesia akan terus meningkat.
Kadin optimis jika kondisi bonus demografi ini mampu dikelola dengan baik, maka Indonesia akan mampu menjadi bagian dari negara maju di dunia. Langkah konkretnya adalah dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang siap berhadapan dengan industri kreatif. Hal ini sejalan dengan program dunia di era Revolusi Industri 4.0.

Membangun Kesiapan Mental di Usia Produktif

Kondisi bonus demografi yang ada di Indonesia tentu menjadi cambukan untuk sumber daya manusia di usia produktif. Membludaknya saingan kerja sudah seharusnya diimbangi dengan kesiapan mental agar tidak tersingkirkan. Kesiapan mental ini juga harus didorong dengan kemampuan berpikir dan kemampuan keterampilan yang mumpuni.

Mengenalkan Target dan Pasar

Konkretnya, untuk terjun ke industri kreatif kamu harus bisa membuat sebuah inovasi yang lain daripada yang lain. Selain itu, cara branding produk juga menjadi hal krusial saat ini. Hal ini dikarenakan kecanggihan teknologi yang bisa memungkinkan kamu membandingkan berbagai produk serupa hanya dengan melihat gawai.
Contohnya adalah pemasaran produk kerajinan tangan. Produk yang dipasarkan secara online akan memiliki target pasar lebih besar daripada membuka toko di halaman rumah. Contoh lainnya adalah produk yang memiliki brand terpercaya akan memiliki harga jauh lebih tinggi walaupun kualitasnya hampir serupa dengan produk konvensional.
Jadi dapat disimpulkan bahwa di era ini skill produksi saja tidak cukup. Kamu harus mengenal target dan pasar beserta cara mempromosikan produk secara unik agar bisa terus dilirik.

Penyebarluasan Informasi

Berupaya menjawab permasalah di atas, Kadin bisa menjadi wadah bagi sumber daya manusia yang ingin terus berkiprah di industri kreatif. Kamu bisa berkonsultasi dan berkomunikasi banyak hal, mulai dari perdagangan, perindustrian, hingga jasa sesuai dengan kemampuan dan kemauan mu.
Selain itu, kamu juga bisa mengikuti pelatihan dan sosialisasi yang diagendakan oleh organisasi ini. Pelatihan dan sosialisasi berfungsi untuk mengoptimalkan keterampilan sumber daya manusia hingga pemberian bantuan dana usaha.
Dengan bergabung disini, kamu juga bisa menyebar luaskan informasi terkait usahamu. Membangun komunitas dan menjadi bagian dari tulang punggung negara. Karena mau bagaimana pun, perekonomian Indonesia ditentukan oleh optimal dan tidaknya peran bonus demografi ini.
Bagaimana? Apakah kamu tertarik menjadi bagian dari program pengembangan SDM Unggul untuk Indonesia Produktif bersama Kadin Indonesia? Segera kembangkan diri dan usahamu. Jadilah bagian dari bonus demografi yang unggul dan berwawasan luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar