Menyediakan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Kita

Selasa, 04 Februari 2020

Berikut Informasi Penting Seputar Kehamilan

Kehamilan menjadi momen paling penting bagi setiap wanita. Jika tidak hati-hati hal ini bisa membahayakan Anda dan janin. Makanya tidak heran kalau wanita hamil memiliki banyak sekali tantangan dan bahkan ada sejumlah mitos yang kerap dihindari atau dilakukan hanya demi kelahiran lancar dan bayi lebih sehat. Nah, di era keterbukaan informasi seperti sekarang, Anda bisa mengakses Prenagen.com untuk akses informasi yang lebih valid sehingga terhindar dari mitos yang bisa saja justru mengganggu kesehatan. Berikut ini adalah beberapa mitos yang wajib Anda tahu.


Bentuk Perut Mempengaruhi Jenis Kelamin Bayi

Sering kali kita beranggapan kalau bentuk perut wanita yang hamil akan menentukan jenis kelamin. Bila perut buncit ke bawah, orang berpendapat akan mendapatkan bayi laki-laki. Bila perut meninggi ke atas, kemungkinan bayi perempuan. Padahal hal ini tidak benar.

Dilansir dari Healthline, otot perut mempengaruhi kekuatan otot abdominal. Jika otot perut naik ke atas, biasanya ini adalah kehamilan pertama. Satu-satunya cara untuk mengetahui jenis kelamin janin yaitu dengan melakukan tes USG dan tes genetik.

Ibu Hamil Dilarang Berhubungan Suami Istri

Banyak orang beranggapan bila berhubungan suami istri saat mengandung bisa menyebabkan keguguran dan menyakiti janin. Padahal ini hanyalah mitos.

Selama kondisi Anda sehat dan janin normal, hal ini masih bisa dilakukan. Hal ini karena janin sebenarnya dilindungi oleh ketuban serta otot rahim yang kuat dengan lendir tebal di sekitar rahim. Oleh karena itu, kasus keguguran ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan hubungan suami istri.

Ibu Hamil Dilarang Berolahraga

Padahal, hal ini hanyalah isu belaka. Anda masih boleh berolahraga ringan dan bahkan hal ini sangat disarankan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Pastikan Anda tidak berolahraga berat dan dehidrasi serta kelelahan. Lakukan olahraga 3-4 kali seminggu sekitar 20-30 menit. Ada banyak sekali jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil seperti berenang, kegel, berjalan, pilates hingga yoga khusus ibu hamil.

Olahraga ini sangat baik untuk ibu hamil asalkan dilakukan dengan benar. Terlebih lagi Anda sering mengalami mood swing. Dengan berolahraga kondisi ini bisa diminimalisir. Olahraga menjadi salah satu cara paling sehat untuk mengendalikan emosi.

Tidak Boleh Makan Makanan Pedas

Banyak juga yang beranggapan kalau makan makanan selama hamil bisa menyebabkan mata "belekan" hingga terjadi kebutaan pada bayi. Padahal hal ini cuma mitos. Hanya saja, memakan masakan pedas bisa memicu "heartburn". Pastikan Anda berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan Anda bagaimana cara mengatasi hal ini. Apa lagi bila Anda punya sistem pencernaan yang lemah.

Ibu Hamil Tidak Boleh Merawat Kucing

Anda mungkin saja sering mendengar kalau ibu hamil tidak boleh dekat-dekat atau memelihara kucing karena beresiko terkena toksoplasmosis. Bagi Anda yang sangat suka dengan kucing pastinya merasa resah.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir kalau tahu cara merawatnya dengan benar. Apa lagi dalam hal membersihkan kotorannya. Pastikan meminta orang lain untuk melakukannya dan senantiasa melakukan  vaksin pada kucing agar terhindar dari penyakit yang berpotensi menular pada Anda.

Itulah sejumlah mitos yang kerap beredar di kalangan ibu hamil. Meskipun mitos ini pada dasarnya untuk menjaga kesehatan Anda, bijaklah menyikapi mitos-mitos ini. Anda bisa mengakses Prenagen.com untuk informasi yang valid dan terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar